Perbedaan Ayat-Ayat Makkiyyah dengan Ayat-Ayat Madaniyyah

blogger templates
Bismillahirrahmanirrahim,

Perbedaan ayat-ayat Makkiyyah dengan ayat-ayat Madaniyyah ialah :

1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al Qur'an ayat-ayatnya berjumlah 1.456, sedang surat Makkiyyah yang merupakan 19/30 dari isi Al Qur'an jumlah ayat-ayatnya 4.780 ayat. Juz 28 seluruhnya Madaniyyah kecuali surat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedang Juz 29 ialah Makkiyyah kecuali surat (76) Addahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat Al Anfaal dan surat Asy Syuraa masing-masing merupakan setengah Juz tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang yang kedua Makkiyyah dengan ayat-ayatnya berjumlah 227.



2. Dalam surat-surat Madaniyyah terdapat perkataan "ya ayyuhalladzina aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan "yaa ayyuhannaas", sedang dalam surat-surat Makkiyyah adalah sebaliknya.


3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang ayat-ayat Madaniyyah mengandung hukum ketatanegaraan, hukum perang, hukum Internasional, hukum antar agama dan lain-lain.

0 Response to "Perbedaan Ayat-Ayat Makkiyyah dengan Ayat-Ayat Madaniyyah"

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi kami, sebagai saran untuk kemajuan blog ini kedepan. Terima Kasih.